web site hit counter

6 Cara Cerdas-Menghadapi Kritik

ARTIKEL » 6 Cara Cerdas-Menghadapi Kritik

Sebagai mahluk sosial tidak kita pungkiri bahwa kenyataanya kritik bagi sebagian orang merupakan sesuatu hal yang tidak mengenakkan, apalagi bagi orang yang sensitif. Bagaimana tidak,usaha yang selama ini dikerahkan ternyata masih saja mengundang rasa tidak puas dari orang lain. Kebanyakan kritik mungkin didasarkan dan setidaknya sebagian mengarah pada kebenaran. Kritik mungkin tampak negatif, tapi melalui kritik kita memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang dari saran orang lain.Lalu bagaimana kita mensikapi dan menghadapi kritik yang ditujukan kepada kita? Seseorang yang dapat menerima dan bukan menghindar dalam menghadapi kritikan dari orang lain kepadanya akan jauh lebih baik karena kita dapat belajar menerima dengan baik serta mengambil manfaatnya bagi diri kita. Lalu bagaimana sih cara kita menghadapinya dengan bijak?kami punya cara yang bisa anda lakukan.

6 Cara Cerdas Menghadapi Kritik

Melihat Kritik atau Komentar Negatif dari Perspektif Berbeda

Ketika orang lain menghujat atau mengatakan kritikan yang tidak baik maka kita harus berusaha untuk mengambil sudut pandang yang sama dengan si pemberi kritik. Jika berhasil, maka kita akan dapat memahami alasan inti orang tersebut memberikan komentar negatif atau kritik tersebut. Bila pada kenyataanya benar maka kita dapat membenahi diri,berterimakasih dan mengambil hikmah dari setiap komentar atau kritik menjadi lebih positif. Apabila tidak sesuai dengan fakta diri anda maka kita dapat menyusun argumen yang baik,efektif dalam menjawab dan menghadapi kritik tersebut.

Menerima Sebagai Bentuk Saran Bukan Intonasinya

Seseorang yang memberikan kritik atau komentar negatif sangatlah penting dan berharga bagi diri kita karena melalui kritik bisa melihat kesalahan sikap dan perbuatan diri kita sendiri lebih jelas. Mungkin nada dan gaya kritik yang bersifat konfrontatif yang membuat kita drop menghadapi kritik tersebut. Dalam hal ini kita perlu memisahkan kritik dari gaya kritiknya. Bahkan jika orang lain berbicara dengan nada marah, kita harus mencoba untuk menafsirkan saran yang berguna dari luapan emosi mereka. Memang tidak mudah melakukannya ketika menghadapi kritik yang datang kepada kita saat itu tapi setidaknya kita bisa sedikit berusaha agar tetap tenang dan cerdas untuk mendapatkan kesiapan saat menghadapi kritik dan komentar negatif lainya.

Menghargai Segala Bentuk Kritik

Mengapa sebagian banya dari kita hanya menghargai pujian? Ketika orang lain berbicara dengan kata-kata yang baik, kita merasa bahagia akan tetapi ketika orang lain mengkritik, kita merasa  tersakiti bahkan sengsara. Namun, jika kita hanya menerima pujian dan sanjungan palsu, apalah kita akan mengalami kemajuan? Jika kita ingin meningkat dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik kedepan tentunya kita harus mengundang hadirnya kritik konstruktif dan menghargai saran-saran yang mungkin kita anggap sebagai hal negatif tapi dapat diubah menjadi hal yang sangat positif yang bersifat mambangun.

Berusaha Tidak Tersinggung

Mencoba untuk tidak terbawa suasana dan tidak mudah tersinggung dalam menghadapi kritik yang datang kepada kita saat itu adalah pilihan yang sangat tepat. Kita dapat menemukan alasan bagus “Mengapa mereka melakukanya kepada kita ?” Kita harus lebih terbuka dalam memahami setiap bentuk kritikan yang bersifat negatif lalu mancoba merubah ke dalam bentuk atau sisi baik yang kita dapat ketika menghadapi kritik tersebut.

Mengabaikan Kritik Yang Kenyataanya Salah

Terkadang kita dikritik tidak berdasarkan kebenaran. Ini adalah pengalaman yang menyakitkan. tapi, menghadapi kritik seperti ini malah lebih mudah daripada kritik yang berdasar atas kebenaran. Salah satu pilihan terbaik menghadapi kritik tersebut adalah dengan mengabaikan sepenuhnya. Kita harus merasa bahwa kritik palsu sama seperti semut yang mencoba untuk menyakiti seekor gajah. Jika kita tetap diam menghadapi kritik tersebut, kita akan menghemat energi. Jika kita merasa perlu untuk melawannya, maka kita akan mengeluarkan energi untuk hal yang percuma. Dengan tetap diam kita mempertahankan martabat yang akan mendatangkan rasa hormat dari orang lain.

Berusaha Untuk Tetap Mmberikan Senyuman

Ketika menghadapi kritik yang sangat pedas bagi kita apalagi tidak sesuai dengan kenyataan dan fakta diri kita maka tersenyumlah, walaupun itu adalah senyum palsu. Hal itu dapat membantu kita untuk lebih tenang,menciptakan getaran positif dan mencairkan situasi. Secara psikologis hal ini sangat membantu.Dengan kita tersenyum akan memotivasi orang lain untuk melunakkan kritikan mereka.

Bila Anda masih kesulitan menghadapi kritik gunakan cara yang asertif dalam menanggapi kritik. Cara yang asertif adalah cara yang menegaskan pendirian dan pendapat dengan yakin, jelas, tegas, dan positif. Sikap seperti itu memungkinkan kita untuk menyatakan pendapat atau kehendak dengan tegas, elegan, dan terhormat dengan tetap menjaga harga diri dan kehormatan orang lain. Untuk mendapatkan sikap dan cara ini anda cukup menggunakan Terapi Binaural Beats Fear of Critism dibuat dengan menggunakan frekwensi gelombang otak Theta yang sudah disesuaikan agar anda bisa merasakan kenyamanan dan kondisi yang sangat rileks yang belum tentu Anda dapatkan selama ini.Terapi ini akan segera menstimulasi dengan memvisualisasikan diri anda menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi kritik.cukup menggunakan melalui heatset gadged anda,maka anda akan merasakan manfaat dan perubahan yang signifikan di diri anda. Buktikan segera ! bila anda menglami gangguan lainnya kunjungi kami lebih lengkap di terapimotivasi.com

Kotak pencarian

Nama Perusahaan

CV. KARYA ABADI

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa

 Tengah

 

Customer Service

(pemesanan & pengiriman)

 

CS I

Contact/SMS:

089 668 981 116 Rina

BB Mesengger

580AC78B

CS II

Contact/SMS

085 876 858 588 (Muhib)

BB Mesengger

5BC4DE10

E-mail : terapi.info@gmail.com