web site hit counter

Cara Mengontrol Emosi

ARTIKEL » Cara Mengontrol Emosi

cara mengendalikan emosi,- Amarah memang tidak bisa selalu dipisahkan dari kehidupan manusia, ada saja pasti kejadian yang akan membuat kita marah. Misalnya tingkah orang lain yang menjengkelken, tetangga yang suka bergosip, teman yang makan temannya sendiri, dan masih banyak yang lainnya. Kami yakin jika Anda ditempatkan dalam situasi tersebut, pastinya amarah akan meledak-ledak.

Padahal kita ketahui bahwa marah tidak akan pernah membuat keadaan menjadi lebih baik, yang ada malah akan membuat keadaan menjadi semakin buruk. Selain itu marah juga dapat mengganggu kesehatan tubuh, hal ini ditunjang dengan fakta penilitian yang menyebutkan bahwa marah merupakan penyebab terbesar dari penyakit darah tinggi. Anda pasti tidak mau bukan mengalami hal tersebut, sudah terkena penyakit ditambah pula dengan keadaan bermasyarakat yang semakin buruk. Itulah sebabnya Anda harus belajar untuk mampu mengendalikan emosi.

Kemampuan untuk mengontrol emosi sangatlah penting dilakukan, karena akan bermanfaat pada kesehatan emosional dan juga akan semakin meminimalisir pancaran aura negatif dari tubuh kita. Untuk mengendalikan amarah tersebut, perhatikanlah cara mengontrol emosi berikut ini.

Mengendalikan Emosi Diri

Ketenangan Diri

Dari perspektif manajemen marah, marah bisa dilihat sebagai sebuah siklus agresi (aggression cycle) yang terdiri dari eskalasi, eksplosi, dan pasca-eksplosi. Itulah mengapa ketika Anda marah, cobalah untuk sebentar saja menenangkan diri, hal tersebut akan membuat siklus marah menjadi rusak dan berantakan. Pikiran yang tenang akan membuat Anda mampu berpikir secara logis dalam menghadapi masalah, bukannya hanya dengan kemarahan saja.

Meningkatkan Sifat Empati

Empati adalah keadaan mental yang membuat Anda merasakan keadaan atau pikiran orang lain. Ketika Anda mampu berempati kepada orang lain, Anda akan menemukan sebuah alasan lain mengapa mereka bisa bertindak seperti itu. Dengan memahami alasan orang lain tersebut, Anda akan mampu untuk mengontrol emosi dibandingkan dengan marah-marah tak jelas pada mereka.

Bayangakan Hal Buruk dari Emosi Anda

Emosi yang meluap-luap biasanya membuat yang bersangkutan gelap mata. Jika sudah demikian, dia akan memukul, berteriak, memaki, atau merusak barang-barang yang ada. Bisa Anda bayangkan tidak bagaimana jadinya hal buruk yang akan terjadi karena emosi tersebut. Sebelum kita marah sebaiknya bayangakan terlebih dahulu dampak negatifnya, dengan begitu akan membantu kita dalam mengendalikan emosi.

Bersikap Memaafkan dan Melupakan

Belajarlah untuk mampu bersikap memaafkan dan melupakan. Jangan terlalu mengungkit-ungkit masalah yang telah lalu, karena hanya akan membuat Anda dipenuhi amarah lagi. Belajarlah untuk memaafkan dan melupakan kesalahan orang  lain, hal tersebut akan membantu Anda dalam menenangkan diri dari emosi yang Anda alami.

Membaca ta’awudz

Jika Anda beragama Islam, baca ta’awudz (a-‘udzu billahi minas syaithanir rajiim) untuk menahan diri ketika Anda sedang marah. Dengan membaca ta’awudz tersebut, Anda memohon perlindungan kepada Allah SWT dari gangguan setan yang merupakan sumber amarah.

Berwudhu

Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol emosi selain membaca ta’awudz, yaitu dengan berwudhu. Kegiatan tersebut akan memberikan ketenangan dalam hati yang pada akhirnya akan membantu Anda dalam mengendalikan emosi diri.

Berolahraga

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan dalam mengendalalikan emosi adalah dengan berolahraga, sekedar menggerak-gerakkan tubuh seperti berjalan kaki, bermain sepak bola, lari, atau berenang. Olahraga sekecil apapun akan menstimulasi otak zat kimia dalam otak yang dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Selain itu olahraga juga mampu mengendorkan sistem saraf sehingga bisa terhindar dari amarah.

Demikianlah bagaimana cara mengontrol emosi yang dapat Anda lakukan, memang dalam mendapatkan hal yang kita inginkan tidak akan langsung bisa tercapai. Hal tersebut masih membutuhkan niat, usaha, dan kerja keras untuk mencapainya. Begitu juga pula dengan mengontrol perasaan negatif, jika Anda sudah melakukan tindakan diatas dengan baik, maka secara bertahap Anda akan mempunyai kemampuan untuk mengontrol emosi tersebut.

Bila masih juga belum berhasil Anda dapat merilekskan diri dengan mendengarkan Terapi Binaural Beats Emotion Control yang dapat menstimulasi otak ke gelombang theta dan alpha di mana ketakutan mencair dan digantikan dengan wawasan, pikiran lebih terinspirasi dan perasaan koneksi da persahabatan yang lebih besar kepada orang lain. Gelombang ini dapat membebaskan Anda dari terjebak oleh pemicu emosi.Cukup 30 menit anda menggunakannya dan anda dapat merasakan kelegaan dan kebebasan dari belenggu emosi yang tak terkendali.

Baca Juga :

3 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda

Cara Menjadi Pemimpin Bijaksana

Cara Mudah Menepati Janji yang Di Buat

Memiliki Motivasi Tinggi Dalam Hidup

Menjadi Pribadi Menarik dan Berwibawa

Tagged in : mengendalikan emosi diri, mengendalikan emosi menurut islam, cara mengontrol emosi berlebihan, pengertian emosi, ciri ciri pengendalian emosi diri, pengendalian emosi, cara menenangkan diri dari masalah, cara mengelola emosi, cara menurunkan emosi, pengertian pengendalian emosi, cara mengatasi emosional, tips menjaga emosi, cara mengontrol emosi cinta, google cara mengendalikan emosi, cara mengelola emosi yang baik, cara agar tidak terpancing emosi, cara cara mengontrol diri, cara mengontrol emosi saat marah

Kotak pencarian

Nama Perusahaan

CV. KARYA ABADI

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa

 Tengah

 

Customer Service

(pemesanan & pengiriman)

 

CS I

Contact/SMS:

089 668 981 116 Rina

BB Mesengger

580AC78B

CS II

Contact/SMS

085 876 858 588 (Muhib)

BB Mesengger

5BC4DE10

E-mail : terapi.info@gmail.com