web site hit counter

Emosional Dan Cara Mengendalikanya

ARTIKEL » Emosional Dan Cara Mengendalikanya

Istilah emosi menurut Daniel Goleman (1995) yang seorang pakar kecerdasan emosional  dari Oxford English Dictionary memaknai emosi sebagai “Setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap”. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis, dan serangkaian kecendrungan untuk bertindak.

Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa emosi adalah suatu respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus.Seseorang yang mengalami fase emosional dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bila tidak dapat mengendalikan perasaan dan gejolak dorongan terhadap apa yang akan ia lakukan kemudian.Keterkaitan emosi dan nafsu di dalam diri seseorang sangat dekat,menilik tentang sikap perilaku dan tindakan yang terjadi maka emosi dapat menjadikan bentuk yang positif bila kita dapat mengendalikan dan mengarahkan ke dalam hal yang bersifat manfaat dan kebaikan.Emosi sendiri dapat diklasifikasikan sebagai berikut   :

  1. Berupa Amarah, seperti  : mengamuk, bengis, benci, jengkel, kesal,dengki.
  2. Berupa Kesedihan, seperti  : menangis, sedih, putus asa, galau, depresi berat.
  3. Berupa  Rasa Takut , seperti  : cemas, gugup, khawatir, waspada, was was, fobia, dan panik.
  4. Berupa Kenikmatan, seperti : bahagia, gembira, riangan, puas, terhibur, bangga, takjub.
  5. Berupa Cinta, seperti : penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, bakti, hormat.
  6. Berupa Terkejut,seperti :  takjub terpana, heran, tertegun.
  7. Berupa  Jengkel, seprti : hina, jijik, mual, benci, tidak suka, mau muntah dsb,
  8. Berupa Malu, seperti : rasa salah, malu hati, kesal hati hina, aib, hancur lebur.

Dari uraian bentuk emosi di atas sebenarnya hanya  garis besar dari yang kita alami,lingkungan dan kondisi psikis sangat besar pengaruhnya.Seseorang yang mampu mengungkapkan perasaan,menyadari,memahami,mengatur dan mengendalikan kadar emosi di dalam dirinya adalah Emotional Qoutation ( EQ ). Bila di dalam diri anda masih belum bisa mengendalikan kecerdasan emosi (EQ) yang masih labil dan sulit untuk dikendalikan dapat mengikuti langkah dan cara-cara seperti di bawah ini  :

Membaca Ta’awudz dan Mengambil Posisi Rendah

Seseorang yang tengah emosi akan megeluarkan tenaga dan menguras fisik,wajahnya memerah dan urat lehernya memuncak.Di kondisi semacam ini Rasulullah bersabda, ‘Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang’. (HR. Bukhari dan Muslim).bila masih belum juga reda Rasulullah menasehatkan, “Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782).Hal ini karena seseorang yang marah cenderung ingin selalu lebih tinggi,agar dapat melampiaskan sepuasnya.

Menjauhkan Diri Dari Hal Yang Memancing

Cara ini dapat anda lakukan setelah cara di atas masih belum membantu,cobalah untuk menjauh dari sumber yang membuat anda emosional,cari tempat yang tenang dan sejuk untuk menghela nafas dan merenungkan hal yang terjadi tadi selama 5 menit dan ambil sisi positif yang bisa mengubah pemikiran dan merelakan juga memaafkan diri dan orang lain tentang yang terjadi tadi.

Mengambil Wudhu, Diam dan Jaga Lisan.

Emosional yang berlebih bisa datang dari hawa nafsu yang erat kaitan dengan sifat Syaiton(Api).Maka bila dalam kondisi tersebut tenangkan dan padamkan dengan air yang dingin( Air Wudhu ). “Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad 17985 dan Abu Daud 4784).Kemudian sejenak anda diam dan fikirkan tentang perkataan yang telah terucap,perbaiki ucapan untuk mengucapkan hal yang baik-baik saja. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib).

Melakukan Instropeksi dan  Terapi Agar Tenang.

Tinjaulah permasalahan yang terjadi dari sudut pandang orang lain sambil mngoreksi sikap dan ucapan anda,jangan egois untuk mengakui kesalahan bila anda salah atau jangan ragu meminta maaf meskipun anda benar.Bercermin  adalah langkah awal yang paling mudah,Jangan biarkan pride anda menghalangi.Bila masih juga belum berhasil Anda dapat merilekskan diri dengan mendengarkan Terapi Binaural Beats Emotion Control yang dapat menstimulasi otak ke gelombang theta dan alpha di mana ketakutan mencair dan digantikan dengan wawasan, pikiran lebih terinspirasi dan perasaan koneksi da persahabatan yang lebih besar kepada orang lain. Gelombang ini dapat membebaskan Anda dari terjebak oleh pemicu emosi.Cukup 30 menit anda menggunakannya dan anda dapat merasakan kelegaan dan kebebasan dari belenggu emosi yang tak terkendali.

Kotak pencarian

Nama Perusahaan

CV. KARYA ABADI

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa

 Tengah

 

Customer Service

(pemesanan & pengiriman)

 

CS I

Contact/SMS:

089 668 981 116 Rina

BB Mesengger

580AC78B

CS II

Contact/SMS

085 876 858 588 (Muhib)

BB Mesengger

5BC4DE10

E-mail : terapi.info@gmail.com